Entri Populer

Kamis, 26 Februari 2015

Contoh Diagram Alur Data atau DAD

Contoh Diagram Alir Data / DAD ( Data Flow Diagram)
Saya akan mencoba sharing tentang cara membuat DAD. Nah berikut saya sharing contoh pembuatan DAD.

1.      Prosedur Orsder Barang
Salesman mengunjungi ke Customer untuk mengambil orderan. Lalu customer membuatkan PO untuk pemesanan. Setelah selesai lalu PO tersebut di berikan ke salesman. Setelah menerema PO  tersebut lalu salesman memberikan PO tersebut ke bagian ADM untuk di proses.
2.      Proses Pembuatan Dokumen
Berdasarkan data PO yang diterima, ADM membuatkan Faktur dan Surat Jalan rangkap 3, satu lembar di arsip oleh ADM dan 2 lembar diserahkan ke salesman.. Setelah selesai maka faktur dan surat jalan tersebut di berikan ke Salesman. Lalu salesman mengambil barang sesuai faktur dan surat jalan.
3.      Proses Pengiriman Barang
Setealah data lengkap maka salesman mengirimkan barang beserta 2 lembar faktur dan surat jalan menyerahkannya ke customer. Pada saat menerima barang, customer menandatangani Faktur dan Surat Jalan serta menyerahkan kembali satu lembar faktur dan surat jalan ke salesman. Lalu salesman mengarsip Faktur untuk penagihan piutang sedangkan Surat Jalan di serahkan Ke bagian ADM.
4.      Pada saat masuk jatuh tempo, Salesman menagih piutang berdasarkan Faktur yang telah di tanda tangani oleh customer. Setelah Customer menerima Faktur tersebut, customer membuatkan Giro serta memberikannnya ke salesman. Setalah salesman menerima Giro tersebut, lalu salesman memberikannya ke bagian ADM. Setelah menerima Giro ADM menyetorkannya ke kasir untuk penutupan piutang dan Kasir memberikan Bukti Terima Giro/kas kepada ADM.
5.      Proses Jurnal
Berdasarkan bukti data penjualan dan bukti – bukti transaksi ADM membuatkan Jurnal yang di input ke dalam File Jurnal.
6.      Laporan
Pada Tiap hari dan bulan ADM membuatkan Laporan yang terdiri dari Laporan Penjualan, Laporan Piutang dan Laporan Jurnal dan diserahkan ke Manager cabang.

Diagram Nol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar